Thursday, October 12, 2017

TEMPAT WISATA DI KABUPATEN KERINCI

1. GUNUNG KERINCI
Gunung Kerinci berbentuk kerucut dengan lebar 13 km (8 mil) dan panjang 25 km (16 mil), memanjang dari utara ke selatan. Pada puncaknya di sisi timur laut terdapat kawah sedalam 600 meter (1.969 kaki) berisi air berwarna hijau. Hingga sekarang, kawah yang berukuran 400 x 120 meter ini masih berstatus aktif.
Gunung Kerinci termasuk dalam bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). TNKS adalah sebuah wilayah konservasi yang memiliki luas 1.484.650 hektare dan terletak di wilayah empat provinsi, yang mana sebagian besarnya berada di wilayah Jambi. TNKS sendiri merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan di Pulau Sumatra.
Lokasi Gunung Kerinci cukup mudah ditemukan, dimana lokasi nya berada di Desa Kersik Tuo, Kecamatan Kayu Aro, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Untuk sampai ke lokasi ini juga cukup mudah, dari pusat Kota Jambi anda dapat langsung menuju desa Kersik Tuo. Dan lama perjalanan yang dibutuhkan kurang lebih 3.5 jam.
Sumber : Wikipedia

2. DANAU KERINCI
Danau Kerinci terbentang di kaki Gunung Raja, di Kecamatan Danau Kerinci dan Kecamatan Keliling Danau Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Di Provinsi Jambi, Danau Kerinci merupakan danau terbesar yang memiliki luas 4.200 Hektar dengan kedalaman 110 Meter Sedangkan ketinggiannya mencapai 783 Meter di atas permukaan laut dan memiliki kelililing sepanjang 70 Km.
Sumber : http://www.gosumatra.com/danau-kerinci-jambi/

3. DANAU GUNUNG TUJUH
Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Bagi pendaki gunung, Kerinci mungkin menjadi tujuan utama karena gunung tersebut merupakan gunung aktif tertinggi di Indonesia [3805 mdpl], namun bagi wisatawan yang ingin sekadar menikmati keindahan alam Kabupaten Kerinci, Danau Gunung Tujuh bisa menjadi pertimbangan sebagai tujuan wisata. selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah dari pada Gunung Kerinci. Danau Gunung Tujuh juga merupakan salah satu Danau tertinggi di Indonesia, Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut dan merupakan danau yang berada diketinggian nomor dua di Indonesia setelah 13 Danau-danau kecil yang terdapat di Gunung Talamau Sumatera Barat di ketinggian 2750 m dpl. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki.
Sumber : Wikipedia

4. DANAU KACO
Danau Kaco memiliki keunikan yang khas yang jarang dimiliki oleh danau-danau lain yang ada di Indonesia. Keunikan tersebut seperti Danau Kaco dapat mengeluarkan cahaya yang terang, terutama pada saat bulan purnama. Jika wisatawan datang ke Danau Kaco pada saat bulan purnama maka para wisatawan tidak membutuhkan alat bantu penerangan karena air danau dapat mengeluarkan cahaya yang cukup terang. Jika dilihat dari kejauhan cahaya yang dipancarkan oleh Danau Kaco akan terlihat seperti lampu yang diarahkan kelangit. Danau ini terletak di Desa Lempur Kecamatan Gunung Raya.
Sumber : Wikipedia

5. DANAU LINGKAT
Danau Lingkat yang terletak terletak di Desa Lempur Kecamatan Gunung Raya di pinggiran hutan TNKS, bersebelahan dengan hutan adat. Danau ini Memiliki luas 12 Ha, berada pada ketinggian 1.100 M dpl. Jika berkunjung ke Danau Kaco, jangan lewatkan keindahan Danau Lingkat.
Sumber : travel.detik.com

6. AIR PANAS SEMURUP
Air Panas Semurup berada di Desa Air Panas Baru, Kecamatan Air Hangat Timur. Sumber Air Panas Semurup ini memiliki luas 76 m2. Air Panas Semurup yang keluar dari perut bumi merupakan sumber mata air panas alami dari kegiatan vulkanik. Air Panas Semurup ini sering mengeluarkan uap panas yang berbau belerang. Suhu Air Panas Semurup ini sekitar 85 derajat celsius. Sebelum gempa bumi tahun 199 lalu di  Kerinci Suhu Air ini lebih dari 100 derajat celsius. Ketika tiba di tempat ini wisatawan bisa melihat asap mengepul tinggi di mata air panas. Selain itu wisatawan juga bisa merebus telur atau pun pisang di sumber Air Panas Semurup ini. Di sekitar lokasi Air Panas Semurup terdapat fasilitas kolam pemandian yang dapat digunakan para wisatawan.
Sumber : Wikipedia

7. AIR TERJUN TELUN BERASAP
Air Terjun Telun Berasap berada di Desa Telun Berasap, Kecamatan Gunung Tujuh menawarkan panorama alam yang asri. Masyarakat setempat memberikan nama telun berasap karena keunikan air terjun tersebut yang selalu diselimuti kabut air yang seolah-olah menyerupai asap putih, akibat derasnya air yang terhempas ke batu dan menguap. Keunikan lain dari Air Terjun Telun Berasap yaitu adanya sebuah goa yang cukup luas di balik air terjun tersebut. Namun karena derasnya Air Terjun Telun Berasap membuat belum ada orang yang menyelusuri goa tersebut secara menyeluruh. Untuk menikmati keunikan dan pemandangan yang disuguhkan oleh Air terjun Telun Berasap wisatawan dapat memilih beberapa cara pertama yaitu dengan menikmati keindahan dari ketinggian disalah satu pondok yang ada disekitar air terjun. Kedua jika wisatawan cukup berani maka wisatawan juga bisa menikmati keunikan dan keindahan air terjun dengan langsung naik ke atas tepatnya dipinggir tebing Air Terjun Telun Berasap.
Sumber : Wikipedia

8. AIR TERJUN TALANG KEMULUN
Air Terjun Talang Kemulun berada di Desa Talang Kemulun, Kecamatan Danau Kerinci, Air terjun ini masih berada dalam kawasan hutan TNKS yang masih alami dan lebat dengan jarak tempuh lebih kurang 21 KM dari Kota Sungai Penuh dan waktu tempuh lebih kurang 30 Menit sampai di Desa Sangaran Agung.
Sumber : http://kerinciinspirasi.blogspot.co.id

9. AIR TERJUN PANCURAN RAYO
Air Terjun Pancuran Rayo terletak pada Dusun Baru Pulau Tengah, Kecamatan Keliling  Danau. Untuk menikmati keindahan air terjun, pengunjung setidaknya harus menempuh jarak 23 kilometer dari Kota Sungai Penuh. Terlebih dahulu wisatawan harus menuju ke Dusun Baru Pulau Tengah yang bisa ditempuh dengan kendaraan umum atau pribadi.
Sesampainya di Dusun Baru Pulau Tengah, wisatawan harus berjalan kaki atau trekking sejauh 4 kilometer ke lokasi Air Terjun Pancuran Rayo. Perjalanan ini kurang lebih memakan waktu satu hingga dua jam lamanya. Medan berat pun harus ditaklukan, wisatawan harus turun naik bukit, melewati jalan berupa tanah, dan menyebrangi beberapa sungai. 
Sumber : www.tempat.co.id


10. AROMA PECO


Aroma Peco Terletak di Desa Bedeng Delapan Kayu Aro, 50 Km dari Kota Sungai Penuh tempat ini sangat mudah untuk dikunjungi, setelah sampai di desa Bedeng Delapan dipinggir jalan akan terlihat gerbang dan papan nama "Selamat Datang Di Aroma Pecoo". Untuk mencapai objek wisata ini, kita hanya melewai jalan kerikil sepanjang 300 meter dan kendaraan roda dua bahkan roda empat bisa sampai ke lokasi.
Kebun Teh dan Aroma Pecco Kayu Aro, tidak hanya menyajikan pemandangan taman buatan yang berada di tengah perkebunan teh, namun dari objek wisata ini wisatawan juga bisa menikmati pemandangan yang sangat luar biasa lainnya.
Sumber : http://leeyierg.blogspot.co.id


11. GOA KASAH


Goa Kasah terletak pada Desa Renah Kasah, Kecamatan Kayu Aro. Untuk mencapai goa, bukan persoalan yang mudah karena berbagai rintangan harus dilalui wisatawan. Berjarak sekitar 70 kilometer dari Kota Sungai Penuh, wisatawan bisa menuju ke goa dengan perjalanan kurang lebih satu jam.
Untuk menuju goa, pengunjung harus terlebih dahulu menuju ke Desa Sungai Sampun. Hal ini dikarenakan Desa Renah Kasah hanya bisa dilalui dengan sepeda motor atau berjalan kaki. Dari Desa Sungai Simpun ke Desa Renah Kasah wisatawan akan dihadapkan dengan berbagai medan mulai jalanan rawa yang diberi landasan papan-papan, persawahan penduduk, serta perbukitan dan juga ladang.
Sumber : www.tempat.co.id
12. RAWA BENTO


Rawa Bento Terletak di Desa Jernih Jaya, Kecamatan Gunung 7. Rawa ini merupakan lahan basah pada ketinggian 1.333 mdpl, dengan luas skitar 1.000 ha. ini adalah tempat wisata baru di Kerinci, dimana anda akan dibawa menyusuri rawa dengan perahu yang telah disediakan penduduk sekitar.


Itulah kawasan wisata di Kabupaten Kerinci yang wajib anda kunjungi. semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment